Rabu, 15 April 2020

PRAKTEK OBSERVASI, WAWANCARA, KUESIONER DAN DOKUMENTASI


TUGAS PRAKTEK OBSERVASI, WAWANCARA, KUESIONER DAN DOKUMENTASI
Oleh : Fina Izzatur Rohmah


A.    LOKASI DAN WAKTU OBSERVASI
1.      Lokasi Observasi
Dalam observasi ini penulis mengambil lokasi di Dsn. Kencong Timur Ds. Kencong Kec. Kepung Kab. Kediri.
2.      Pelaksanaan Observasi
Penulis hanya melakukan observasi dua kali dengan hari dan tanggal yang berbeda. Waktu yang digunakan, yaitu: Selasa, 14 April 2020 survei dan menetukan subyek penelitian. Rabu, 15 April 2020, melakukan kegiatan wawancara dengan narasumber.
B.     SUBYEK OBSERVASI
Subyek observasi yang dipilih penulis untuk menjadi narasumber observasi yaitu ibu klien, teman klien dan klien sendiri.
C.    VARIABEL  OBSERVASI
Variabel observasi yang menjadi titik tolak penulis adalah Pengaruh Rasa Percaya diri Terhadap Prestasi Belajar di Dsn. Kencong Timur.
D.    TEKNIK PENGUMPUL DATA
Instrumen pengumpul data dilakukan dengan wawancara yang melibatkan ibu dari klien, teman klien, si klien serta kuesioner untuk anak usia SMP di Dsn Kencong Timur.

E.     HASIL OBSERVASI
1.      Observasi partisipan
Di dalam observasi partisipan ini pewawancara merasakan apa yang dirasakan si klien bahwa rasa percaya diri sangat menunjang prestasi belajar khususnya jika seorang guru menitikberatkan pada nilai keaktifan siswa. klien sangat kebingungan, berbicara sendiri(self talk), ekpsresi menahan kesal, dan berkurangnya semangat belajar.
2.      Observasi nonpartisipan
Pewawancara melakukan pengamatan menurut narasumber 1 bahwa si klien sering bingung mengerjakan tugasnya, sering kesal, jarang ngajak ngobrol saat dirumah. Sedangkan narasumber 2 mengatakan si klien merasa takut ketika presentasi di depan kelas, sering gugup, belum bisa mengendalikan emosi, ketika diberi tugas selalu menundukkan kepala sebagai tanda setuju, seorang pemalu, dan pendiam.

*Keterangan :  klien            = klien
                        Narasumber 1= ibu klien
                        Narasumber 2= teman klien

F.     WAWANCARA
Identitas wawancara
Topik               : Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Pewawancara  : F.I.R
Narasumber     : F.R.K
Waktu              : masing- masing narasumber kurang lebih 30 menit, jadi keseluruhan    kurang lebih 90 menit
Pukul               : 08.30-09.00 pagi
Tempat            : Rumah klien/ narasumber

Identitas Klien
Nama                           : F.R.K
Tempat/Tgl Lahir         : Kediri, 24 Maret 2005
Pekerjaan                     : Siswa
Jenis Kelamin              : Perempuan

Identitas Narasumber 1
Nama                           : N
Tempat/Tgl Lahir         : Kediri, 15 April 1975
Pekerjaan                     : IRT
Jenis Kelamin              : Perempuan

Identitas Narasumber 2
Nama                           : M.A.R
Tempat/Tgl Lahir         : Kediri, 17 Februari 2005
Pekerjaan                     : Siswa
Jenis Kelamin              : Perempuan

WAWANCARA TERSTRUKTUR
Adapun pedoman wawancara :
1.      Identitas subyek
2.      Etika
3.      Penampilan fisik
4.      Gerakan isyarat
5.      Kontak mata
Hasil :
Aktivitas yang sedang dilakukan klien adalah belajar sambil bermain gadget. Dia adalah seorang yang pemalu. Sikap pemalunya disebabkan oleh kurangnya berinteraksi dengan keluarga dan temannya. Dia memiliki sikap pemalu sejak kecil. Kemudian ketika ditanya tentang sikap percaya diri menurut dia percaya diri hanya dimiliki oleh orang yang berani. Dan sikap percaya diri bisa dibentuk dengan mengikuti ekstrakurikuler sekolah tapi realitanya dia anak yang pasif. Di sisi lain dia anak yang penakut, karena sudah terebntuk mindset bahwa aku ini penakut. Ada salah satu peristiwa dimana dia melakukan kesalahan mungkin hanya sepele namun dibesar- besarkan yang mengakibatkan trauma yang mendalam. Kemudian ketika dalam lingkungan sekolah dia merasa kurang pintar karena tidak sebaik teman- temannya. Akhirnya mempengaruhi prestasinya dikelas.
          Kemudian dari sudut pandang narasumber 1 dia seorang anak yang tekun namun tidak PD ketika harus berbicara di depan umum. Dia tidak PD karena dulu waktu TK ketika dia lomba baca do’a sehari hari ditengah- tengah pembacaan ada yang salah kemudian penonton menertawakannya. Maka sejak itulah dia menjadi anak yang tidak percaya diri.
          Menurut sudut pandang narasumber 2 dia anak yang pendiam, cuek dengan lingkungan sekitar, jarang bermain dengan teman temannya, sekali keluar rumah pas sekolah saja, dan jarang menyapa orang.
WAWANCARA TIDAK TERSTRUKTUR
Hasil :
Dalam wawancara tidak terstruktur ini pewawancara hanya memperoleh data bahwa klien tidak percaya diri disebabkan oleh kurangnya perhatian, adanya trauma, sikap minder, tidak ada dukungan dari keluarga dan lingkungan yang tidak mendukung.
G.    KUESIONER
Identitas Responden
Nama :
Kelas :
Petunjuk
v  Isilah angket di bawah ini sesuai dengan penilaian diri anda.
v  Setiap jawaban adalah benar, sehingga anda tidak perlu ragu untuk memberikan jawaban pada setiap pernyataan.
v  isilah setiap pernyataan dengan memberikan tanda silang (P) pada salah satu kolom sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
1.    SS             : Sangat Setuju
2.    S               : Setuju
3.    TS             : Tidak setuju
4.    STS          : Sangat Tidak setuju

NO
PERNYATAAN
SS
S
TS
STS
1
Saya merasa yakin ketika harus presentasi di depan kelas




2
Saya akan berani memulai pembicaraan bila sudah ada orang lain yang memulainya terlebih dahulu




3
Saya akan memilih untuk diam, walaupun saya dapat menjawab pertanyaan yang ada.




4
Saya merasa yakin ketika saya harus menjawab pertanyaan yang ada




5
Saya merasa bahwa teman saya lebih baik dari saya ketika presentasi.




6
Ketika berdiskusi, pendapat yang saya sampaikan kurang menarik.




7
Saya yakin ketika mengungkapkan pendapat di kelas.




8
Saya kurang berani ketika dipilih untuk tampil di depan kelas




9
Saya merasa yakin ketika menjelaskan materi di kelas




10
Saya merasa kurang yakin dengan jawaban yang saya sampaikan.




11
Ketika mampu mencari jawaban dalam kelompok, maka saya merasa berguna untuk kelompok.




12
Hasil presentasi kebanyakan adalah hasil dari ide saya




13
Saya akan puas ketika orang lain tidak dapat menjawab pertanyaan yang saya ajukan.




14
Saya merasa bangga ketika saya mampu 80 menjawab pertanyaan dari guru




15
Saya dengan spontan akan bertanya ketika saya tidak paham akan materi yang ada




16
Saya menghargai setiap pendapat dari orang lain.




17
Lebih sering orang lain yang presentasi di kelas ketimbang diri saya sendiri.




18
Biasanya jawaban yang saya ajukan selalu benar.




19
Ketika guru mengajukan pertanyaan, saya mengajukan diri untuk menjawab tanpa disuruh.




20
Saya merasa malu ketika bertanya kepada teman ataupun guru.




21
Saya merasa mampu ketika harus menyampaikan materi di depan banyak orang.




22
Saya melibatkan diri secara aktif ketika berdiskusi dengan kelompok.




Sumber pengambilan angket : http://repository.unika.ac.id/7155/9/09.40.0125%20Anjelyn%20Susanti%20-%20LAMPIRAN.pdf, (diakses tanggal 15/04/20 pukul 8:39)

1 komentar:

  1. Lucky Club Review ᐈ Get 10% Up To C$1500 + 150 FS
    The Lucky Club is a reliable and trustworthy brand for online casinos. The site is good as the bonus has a unique 카지노사이트luckclub theme for  Rating: 3.5 · ‎Review by LuckyClub.org

    BalasHapus