TUGAS PRAKTEK OBSERVASI, WAWANCARA, KUESIONER DAN DOKUMENTASI
Oleh : Fina Izzatur Rohmah
A.
LOKASI DAN WAKTU OBSERVASI
1.
Lokasi
Observasi
Dalam observasi
ini penulis mengambil lokasi di Dsn. Kencong Timur Ds. Kencong Kec. Kepung Kab.
Kediri.
2.
Pelaksanaan
Observasi
Penulis hanya melakukan
observasi dua kali dengan hari dan tanggal yang berbeda. Waktu yang digunakan,
yaitu: Selasa, 14 April 2020 survei dan menetukan subyek penelitian. Rabu, 15
April 2020, melakukan kegiatan wawancara dengan narasumber.
B.
SUBYEK OBSERVASI
Subyek observasi yang dipilih penulis untuk menjadi narasumber
observasi yaitu ibu klien, teman klien dan klien sendiri.
C.
VARIABEL OBSERVASI
Variabel observasi yang menjadi titik tolak penulis adalah Pengaruh
Rasa Percaya diri Terhadap Prestasi Belajar di Dsn. Kencong Timur.
D.
TEKNIK PENGUMPUL DATA
Instrumen pengumpul data dilakukan dengan wawancara yang melibatkan
ibu dari klien, teman klien, si klien serta kuesioner untuk anak usia SMP di
Dsn Kencong Timur.
E.
HASIL OBSERVASI
1.
Observasi
partisipan
Di dalam
observasi partisipan ini pewawancara merasakan apa yang dirasakan si klien
bahwa rasa percaya diri sangat menunjang prestasi belajar khususnya jika
seorang guru menitikberatkan pada nilai keaktifan siswa. klien sangat
kebingungan, berbicara sendiri(self talk), ekpsresi menahan kesal, dan
berkurangnya semangat belajar.
2.
Observasi
nonpartisipan
Pewawancara
melakukan pengamatan menurut narasumber 1 bahwa si klien sering bingung
mengerjakan tugasnya, sering kesal, jarang ngajak ngobrol saat dirumah.
Sedangkan narasumber 2 mengatakan si klien merasa takut ketika presentasi di
depan kelas, sering gugup, belum bisa mengendalikan emosi, ketika diberi tugas
selalu menundukkan kepala sebagai tanda setuju, seorang pemalu, dan pendiam.
*Keterangan
: klien = klien
Narasumber 1= ibu klien
Narasumber 2= teman klien
F.
WAWANCARA
Identitas
wawancara
Topik
: Pengaruh Rasa Percaya Diri
Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Pewawancara : F.I.R
Narasumber : F.R.K
Waktu : masing- masing narasumber kurang
lebih 30 menit, jadi keseluruhan
kurang lebih 90 menit
Pukul
: 08.30-09.00 pagi
Tempat
: Rumah klien/ narasumber
Identitas
Klien
Nama : F.R.K
Tempat/Tgl
Lahir : Kediri, 24 Maret 2005
Pekerjaan
: Siswa
Jenis
Kelamin : Perempuan
Identitas
Narasumber 1
Nama : N
Tempat/Tgl
Lahir : Kediri, 15 April 1975
Pekerjaan
: IRT
Jenis
Kelamin : Perempuan
Identitas
Narasumber 2
Nama : M.A.R
Tempat/Tgl
Lahir : Kediri, 17 Februari 2005
Pekerjaan
: Siswa
Jenis
Kelamin : Perempuan
WAWANCARA
TERSTRUKTUR
Adapun
pedoman wawancara :
1.
Identitas
subyek
2.
Etika
3.
Penampilan
fisik
4.
Gerakan
isyarat
5.
Kontak
mata
Hasil :
Aktivitas yang sedang dilakukan klien adalah belajar sambil bermain
gadget. Dia adalah seorang yang pemalu. Sikap pemalunya disebabkan oleh
kurangnya berinteraksi dengan keluarga dan temannya. Dia memiliki sikap pemalu
sejak kecil. Kemudian ketika ditanya tentang sikap percaya diri menurut dia
percaya diri hanya dimiliki oleh orang yang berani. Dan sikap percaya diri bisa
dibentuk dengan mengikuti ekstrakurikuler sekolah tapi realitanya dia anak yang
pasif. Di sisi lain dia anak yang penakut, karena sudah terebntuk mindset bahwa
aku ini penakut. Ada salah satu peristiwa dimana dia melakukan kesalahan
mungkin hanya sepele namun dibesar- besarkan yang mengakibatkan trauma yang
mendalam. Kemudian ketika dalam lingkungan sekolah dia merasa kurang pintar
karena tidak sebaik teman- temannya. Akhirnya mempengaruhi prestasinya dikelas.
Kemudian dari sudut
pandang narasumber 1 dia seorang anak yang tekun namun tidak PD ketika harus
berbicara di depan umum. Dia tidak PD karena dulu waktu TK ketika dia lomba
baca do’a sehari hari ditengah- tengah pembacaan ada yang salah kemudian
penonton menertawakannya. Maka sejak itulah dia menjadi anak yang tidak percaya
diri.
Menurut sudut
pandang narasumber 2 dia anak yang pendiam, cuek dengan lingkungan sekitar,
jarang bermain dengan teman temannya, sekali keluar rumah pas sekolah saja, dan
jarang menyapa orang.
WAWANCARA TIDAK TERSTRUKTUR
Hasil :
Dalam wawancara tidak terstruktur ini pewawancara hanya memperoleh
data bahwa klien tidak percaya diri disebabkan oleh kurangnya perhatian, adanya
trauma, sikap minder, tidak ada dukungan dari keluarga dan lingkungan yang
tidak mendukung.
G.
KUESIONER
Identitas
Responden
Nama
:
Kelas
:
Petunjuk
v Isilah angket di bawah ini sesuai dengan penilaian diri anda.
v Setiap jawaban adalah benar, sehingga anda tidak perlu ragu untuk
memberikan jawaban pada setiap pernyataan.
v isilah setiap pernyataan dengan memberikan tanda silang (P) pada salah satu kolom sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
SS : Sangat Setuju
2.
S : Setuju
3.
TS : Tidak setuju
4.
STS : Sangat Tidak setuju
NO
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya merasa yakin ketika harus presentasi di depan kelas
|
||||
2
|
Saya akan berani memulai pembicaraan bila sudah ada orang lain
yang memulainya terlebih dahulu
|
||||
3
|
Saya akan memilih untuk diam, walaupun saya dapat menjawab
pertanyaan yang ada.
|
||||
4
|
Saya merasa yakin ketika saya harus menjawab pertanyaan yang ada
|
||||
5
|
Saya merasa bahwa teman saya lebih baik dari saya ketika
presentasi.
|
||||
6
|
Ketika berdiskusi, pendapat yang saya sampaikan kurang menarik.
|
||||
7
|
Saya yakin ketika mengungkapkan pendapat di kelas.
|
||||
8
|
Saya kurang berani ketika dipilih untuk tampil di depan kelas
|
||||
9
|
Saya merasa yakin ketika menjelaskan materi di kelas
|
||||
10
|
Saya merasa kurang yakin dengan jawaban yang saya sampaikan.
|
||||
11
|
Ketika mampu mencari jawaban dalam kelompok, maka saya merasa
berguna untuk kelompok.
|
||||
12
|
Hasil presentasi kebanyakan adalah hasil dari ide saya
|
||||
13
|
Saya akan puas ketika orang lain tidak dapat menjawab pertanyaan
yang saya ajukan.
|
||||
14
|
Saya merasa bangga ketika saya mampu 80 menjawab pertanyaan dari
guru
|
||||
15
|
Saya dengan spontan akan bertanya ketika saya tidak paham akan
materi yang ada
|
||||
16
|
Saya menghargai setiap pendapat dari orang lain.
|
||||
17
|
Lebih sering orang lain yang presentasi di kelas ketimbang diri
saya sendiri.
|
||||
18
|
Biasanya jawaban yang saya ajukan selalu benar.
|
||||
19
|
Ketika guru mengajukan pertanyaan, saya mengajukan diri untuk
menjawab tanpa disuruh.
|
||||
20
|
Saya merasa malu ketika bertanya kepada teman ataupun guru.
|
||||
21
|
Saya merasa mampu ketika harus menyampaikan materi di depan
banyak orang.
|
||||
22
|
Saya melibatkan diri secara aktif ketika berdiskusi dengan
kelompok.
|
Sumber pengambilan angket : http://repository.unika.ac.id/7155/9/09.40.0125%20Anjelyn%20Susanti%20-%20LAMPIRAN.pdf, (diakses tanggal 15/04/20 pukul 8:39)
Lucky Club Review ᐈ Get 10% Up To C$1500 + 150 FS
BalasHapusThe Lucky Club is a reliable and trustworthy brand for online casinos. The site is good as the bonus has a unique 카지노사이트luckclub theme for Rating: 3.5 · Review by LuckyClub.org